Minggu, 26 Mei 2024

Bahasa, Kualitas Pendidikan dan Ekonomi

 Jika ditarik 30 tahun ke belakang, negara-negara seperti Singapura, Malaysia dan Australia, dibanding dengan Indonesia bukanlah apa-apa. Waktu itu, kita mempunyai ABRI yang kuat, serta satelit Palapa, yang mampu menyebarkan beritya dan komunikasi dari sabang sampai merauke. Taiwan, dan Korea Selatan juga belum menjadi negara vsekaya dengan tingkat pendapatan perkapita yang sangat tinggi sampai sekarang.

Waktu itu, orang-orang dari Malaysia, banyak yang belajar ke Indonesia, bahkan guru-guru dari Indonesia banyak yang bekerja ke negara jiran, untuk meningkatkan tingkat intelektual warga melayu. Pendidikan di Indonesia disinyalir lebih maju dari negara jiran. Di tingkat ASEAN, Indonesia adalah rajanya di bidang olahraga. Kita selalu menjadi juara umum. Pada saat itu juga Tiongkok tidak maju seperti sekarang.

Mari kita buat daftar negara dengan tingkat pendidikan terbaik 2024; Tsinghua University, China; Peking University, China; dan National University of Singapore, Singapura adalah tiga Universitas terbaik di Asia. 

Setelah membaca daftar kampus terbaik di Asia kita sedikit surut ke bawah, pada tahun 2024 lihat daftar universitas terbaik di ASEAN. Menurut detik.com adalah sebagai berikut:

1. National University of Singapore (NUS)

2. Nanyang Technological University, Singapore (NTU Singapore)

3. Universiti Malaya (UM)

4. Universiti Putra Malaysia (UPM)

5. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Kita surut ke bawah lagi di tingkat nasional. Urutan universitas terbaik di Indonesia 2024. 

1. Universitas Indonesia

Peringkat dunia: 537

2. Universitas Gadjah Mada

Peringkat dunia: 667

3. Institut Teknologi Bandung

Peringkat dunia: 752

4. Universitas Brawijaya

Peringkat dunia: 780

5. Universitas Airlangga

Peringkat dunia: 830

Apakah almamater mampu menjamin kualitas bseseorang untuk sukses? Tentu saja tidak. Tapi kita bisa membuat data secara ilmiah. Secara statistik. Selama 30 tahun terakhir, urutan pertama dan kedua universitas terbaik Indonesia, didominasi oleh Universitas Indonesia dan Universitas Gajahmada. 

Apakah lulusan UI dan UGM pasti lebih sukses dari kampus lain? Jawabannya juga tidak. Tapi mari kita bicara fakta dilapangan. Dilihat dari prosentasenya, jabatan strategis tingkat nasional, didominasi oleh alumni dua kampus ternama tadi dibanding kampus-kampus lain.

Coba juga kita buat ringkasan. Kenapa, negara-negara dengan kampus terbaik, dalam skala ASEAN, atau ASIA pendapatan perkapitanya juga lebih tinggi dibanding negara negara yang kualitas pendidikannya lebih rendah.

Mari belajar juga dari Jepang, yang telah hancur setelah kekalahan perang dunia kedua. Mereka mempriotaskan pendidikan dan kesehatan untuk kembali membangun negara dengan cepat. Mereka mengirim pemuda-pemudi mereka belajar ke luar negeri untuk melakukan alih ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk dapat belajar di kampus-kampus terbaik, syarat utamanya adalah penguasaan bahasa yang baik. Pernahkah kita pikirkan?

Penerjemah tersumpah, butuh pengetahuan bahasa yang mumpuni



Artikel ini, ditulis oleh: Rahmad Ibrahim

26 Mei 2024

citralinguist@yahoo.co.id








Kualitas Gen Z dan Tantangan Dunia Global

 Generasi rebahan, atau disebut Gen Z, disebutkan bahwa generasin yang pada saat tahun 2024 umurnya kurang dari 30 tahun. Sebuah generasi ya...